KRETERIA KETERCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN (KKTP) SD/MI

Kreteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) Merupakan penjelasan (deskripsi) tentang kemampuan apa yang perlu ditunjukkan/ didemonstrasikan peserta didik sebagai bukti bahwa ia telah mencapai tujuan pembelajaran

Kreteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran Indikator ketercapaian tujuan pembelajaran Untuk mengetahui apakah peserta didik telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran.

Kreteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran Dikembangkan saat pendidik merencanakan asesmen, yang dilakukan saat pendidik menyusun perencanaan pembelajaran. 

Kreteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran Salah satu pertimbangan dalam memilih/membuat instrumen asesmen

Cara menyusun Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran Kurikulum Merdeka

Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka dapat disusun dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip pendidikan inklusif, pemberdayaan peserta didik, pengembangan kompetensi, dan pembelajaran berbasis proyek. Berikut adalah langkah-langkah untuk menyusun kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran Kurikulum Merdeka:
  1. Identifikasi Tujuan Pembelajaran: Tinjau kembali tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dalam Kurikulum Merdeka. Tujuan ini harus mencakup berbagai aspek perkembangan peserta didik, seperti pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai-nilai yang ingin dicapai.

  2. Tentukan Indikator Ketercapaian Tujuan Pembelajaran: Setelah mengidentifikasi tujuan pembelajaran, selanjutnya tentukan indikator ketercapaian yang konkret dan dapat diukur untuk setiap tujuan tersebut. Indikator ketercapaian harus jelas, terukur, teramati, dan relevan dengan konteks pembelajaran Merdeka.

  3. Gunakan Pendekatan Inklusif: Pastikan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dapat diaplikasikan secara inklusif untuk semua peserta didik, tanpa membedakan latar belakang, kemampuan, atau kebutuhan mereka. Sertakan indikator yang mencerminkan keberagaman dan memperhitungkan perbedaan individual peserta didik.
  4. Fokus pada Pemberdayaan Peserta Didik: Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran sebaiknya juga mempertimbangkan pemberdayaan peserta didik. Selain memastikan bahwa tujuan pembelajaran dicapai, berikan ruang bagi peserta didik untuk mengembangkan kreativitas, inisiatif, dan kemandirian dalam proses belajar.
  5. Perhatikan Pengembangan Kompetensi: Pastikan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran mencakup pengembangan kompetensi yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Misalnya, kriteria tersebut dapat mencakup kompetensi kognitif, afektif, dan psikomotorik yang relevan dengan tujuan pembelajaran yang ditetapkan.
  6. Gunakan Pembelajaran Berbasis Proyek*: Dalam menyusun kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran, pertimbangkan juga pendekatan pembelajaran berbasis proyek. Kriteria tersebut dapat mencerminkan kemampuan peserta didik dalam mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam situasi dunia nyata, dengan fokus pada pemecahan masalah dan kolaborasi.
  7. Evaluasi dan Revisi: Setelah menyusun kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran, lakukan evaluasi secara berkala untuk memastikan keefektifan dan kecocokan kriteria tersebut dengan Kurikulum Merdeka. Lakukan revisi jika diperlukan, berdasarkan umpan balik dari para pendidik, peserta didik, dan pemangku kepentingan lainnya.

Penting untuk diingat bahwa penyusunan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran harus selaras dengan panduan dan pedoman yang telah ditetapkan oleh otoritas pendidikan setempat dalam implementasi Kurikulum Merdeka.

Sumber : https://purnawanto.blogspot.com/2023/03/kurikulum-merdeka.html

Materi KKTP (Download Disini)
Contoh KKTP Kelas 1 (Download Disini)
Contoh KKTP Kelas 2 (Download Disini)
Contoh KKTP Kelas 4 (Download Disini)
Contoh KKTP Kelas 5 (Download Disini)






Komentar