Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan momen penting bagi siswa-siswa baru sekolah dasar yang usianya sudah 6-7 tahun. MPLS bukan hanya sekadar acara untuk memperkenalkan lingkungan sekolah baru, tetapi juga merupakan kesempatan berharga untuk membangun karakter dan sikap positif bagi para siswa. Dengan adanya MPLS yang berkualitas, diharapkan para siswa dapat lebih siap menghadapi peran mereka dalam pembelajaran yang kompleks dan beragam.
Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan salah satu momen yang dinantikan oleh para siswa baru SD setiap tahunnya.
MPLS bertujuan untuk membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah, memperkenalkan mereka pada teman sekelas dan guru, serta memberikan pemahaman awal tentang aturan dan kegiatan di sekolah.
Dalam proses pelaksanaan kegiatan, MPLS SD dan MPLS Transisi PAUD-SD 2023/2024 untuk kelas 1 dilaksanakan 2 minggu pertama di awal tahun ajaran baru, sedangkan untuk kelas 2 sampai dengan kelas 6 dilaksanakan selama 1 minggu pertama di awal tahun ajaran baru.
Mengapa hal ini dilaksanakan dan perlu dipersiapkan oleh kepala sekolah selaku penanggung jawab MPLS SD dan MPLS Transisi PAUD-SD dan bagaimana cara menyikapinya.
Pelaksanaan MPLS Transisi PAUD-SD dilaksanakan karena tidak semua peserta didik kelas awal mengikuti PAUD sehingga peserta didik ketika masuk sekolah dasar di kelas 1 tetap mendapatkan haknya untuk mendapatkan pembinaan kemampuan fondasi untuk memeroleh pembelajaran selanjutnya.
Sesuai dengan Surat Edaran yang telah diterbitkan oleh Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah tentang Penguatan Transisi Pendidikan Anak Usia Dini Ke Sekolah dasar menyampaikan bahwa belum semua peserta didik kelas 1 SD pernah mengikuti pembelajaran terstruktur melalui PAUD.
Oleh karena itu, dalam rangka penguatan transisi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD) kelas awal, panitia MPLS SD dan MPLS PAUD-SD dapat melaksanakan kegiatan dengan mempertimbangkan kebutuhan belajar peserta didik melalui proses holistik dan asesmen diagnosis.
Pendidikan karakter telah menjadi perhatian utama di banyak sekolah, termasuk di SD, karena pentingnya membentuk generasi muda yang memiliki nilai-nilai moral yang kuat, disiplin, empati, dan rasa tanggung jawab. MPLS merupakan waktu yang tepat untuk mengintegrasikan nilai-nilai tersebut dalam kegiatan-kegiatan yang menarik dan menyenangkan.
Pendidikan karakter melalui MPLS bukanlah tujuan akhir, tetapi hanya merupakan awal dari proses panjang yang harus terus diperkuat di dalam kurikulum sekolah. Pembiasaan dan penguatan nilai-nilai positif harus terus dilakukan di lingkungan sekolah sehari-hari agar siswa benar-benar menginternalisasikan dan mengaplikasikan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan mereka.
Dengan mengedepankan pendidikan karakter melalui MPLS, SD dapat berperan aktif dalam membentuk generasi muda yang berintegritas, berempati, dan bertanggung jawab. Diharapkan, para siswa yang telah mengikuti MPLS dengan baik akan menjadi pribadi yang bersikap positif dalam lingkungan sekolah dan masyarakat, menciptakan lingkungan yang lebih nyaman dan memajukan karakter ke arah yang lebih baik.
Komentar
Posting Komentar